PROGRAM SOSIALISASI MENGENAI PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA DAN PEMBUKUAN SEBAGAI MEDIA PENJUALAN UMKM
Jepara (13/09/22) Mahasiswa KKN – IK IAIN KUDUS di Desa Suwawal, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara melaksanakan program sosialisasi mengenai Penggunaan sosial media dan pembukuan sebagai Media Penjualan UMKM. Tujuan utama dilaksanakannya sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan kesadaran kepada para pelaku UMKM di Desa Suwawal mengenai pentingnya pemanfaatan media digital dan pembukuan dalam melakukan penjualan di tengah perkembangan teknologi yang sangat pesat seperti pada masa sekarang ini.
Sebelum melaksanakan program sosialisasi ini, Mahasiswa KKN – IK IAIN KUDUS di Desa Suwawal telah melakukan survey untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi oleh para pelaku UMKM ini. Berdasarkan survey yang dilakukan, didapatkan hasil bahwa permasalahan yang umumnya dihadapi oleh pelaku UMKM di Desa Suwawal adalah sangat minimnya penggunaan teknologi untuk memasarkan dan menjual produk UMKM atau dengan kata lain, belum adanya digitalisasi UMKM di Desa Suwawal. Selain itu, para pelaku UMKM belum melakukan pemasaran produknya secara rutin, sehingga produk UMKM tersebut kurang mendapatkan ‘nama’ di kalangan masyarakat. Metode pemasaran yang dilakukan umumnya hanya melalui word of mouth, sehingga lingkup penjualan produk masih terbilang sempit. Selain itu, beberapa UMKM hanya melakukan produksi apabila ada permintaan masuk dari konsumen, sehingga tidak tersedianya stok barang.
Berangkat dari beberapa permasalahan tersebut, Mahasiswa KKN – IK IAIN KUDUS merencanakan suatu pendekatan interaktif yang dapat menjadi solusi untuk mengatasi beberapa permasalahan yang dihadapi oleh pelaku UMKM. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melakukan sosialiasi pada kelompok-kelompok kecil yang ada di Desa Suwawal. Sosialisasi yang dilakukan adalah mengenai digitalisasi UMKM yang berkaitan dengan kegiatan pemasaran dan penjualan.
Kegiatan sosialisasi ini dilakukan pada tanggal 13 September 2022 di salah satu UMKM yang dimiliki oleh ibu Hj. Hartonah yang berdiri pada tahun 1987 sampai saat ini. UMKM ini di beri nama “Lancar Barokah” dan Tempat tersebut dipilih sebagai target sasaran kegiatan sosialiasi karena UMKM yang beliu dirikan ini banyak memberdayakan anggotanya untuk mengikuti pelatihan-pelatihan dalam rangka meningkatkan kondisi perekonomian anggotanya dan masyarakat sekitar.
Pada kegiatan sosialisasi tersebut Mahasiswa KKN dapat mengetahui beberapa jumlah produksi yang di hasilkan oleh ibu Hj. Hartonah yaitu dalam waktu 1 hari usaha yang di miliki beliau dapat memproduksi 1 kwintal ikan + tepung kurang lebih 40 kg. sedangkan keawetan produksi beliau dapat bertahan sampai 6-8 bulan. Sedangkan UMKM beliau ini memproduksi khusus kerupuk yang dimana omset nya sendiri kurang lebih 2-4 juta per hari.
Setelah mengetahui rincian dana yang dimiliki oleh UMKM “Lancar Barokah” dapat diambil bahwa dalam pemasaran ini tentu harus memiliki pemasaran secara online dan pembukuan supaya usaha tersebut dapat berkembang lebih pesat. Dari situ Mahasiswa KKN – IK IAIN KUDUS melakukan sosialisasi dan membantu usaha tersebut berkembang.